Bienvenue A Vous

Je souhaite que vous pouvez trouver quelquechose qui vous rendront plus intelligent, ici. Si vous ne trouvez pas n importe quoi, vous pouvez chercher dans d autre sites. Merci ^^

Relaksasikan Hidup dengan Musik

Senin, 17 Juni 2013

Pernahkah anda membayangkan jika dunia ini tanpa musik? Tanpa nada dan tanpa bunyi. Tentu tak akan pernah ada musisi berkualitas sekelas Mozart yang berhasil menciptakan lebih dari 600 komposisi musik hanya dalam hidupnya yang singkat, atau Bob Marley yang menghabiskan hidupnya hanya untuk musik (reggae) meski sel kanker telah menggerogoti badannya selama 4 tahun. Mereka lah beberapa tokoh yang telah mewarnai dunia musik dan mencintai musik lebih dari nyawanya sendiri.
            Menurut sejarah, musik sudah ada sejak abad ke-2 sebelum Masehi. Musik tertentu  pernah muncul di Tiongkok da Mesir dan mendapat pegaruh dari budaya Mesir hingga berkembang menajdi Musik Hibrani. Seiring kelajuan zaman, musik kemudian berkembang menjadi berjuta jenis yang tersebar di berbagai belahan dunia.

            Penikmat musik bukan hanya satu atau dua orang saja. Musik disukai oleh semua orang dari kalangan anak kecil sampai orang lanjut usia (manula). Hampir diseluruh ponsel atau perangkat computer yang ada di seluruh dunia menyimpan lagu-lagu favorit pemiliknya. Hal itu menandakan bahwa manusia memang sangat membutuhkan musik. Baik itu sebagai pekerjaan atau hanya sebagai hiburan semata.
            Fungsi musik sendiri pada zaman dahulu hanya dijadikan sebagai media adat istiadat para nenek moyang. Termasuk menyebarkan suatu ajaran, misalnya penyebaran agama Islam di Indonesia yang dulu disebarkan oleh para Wali Songo khususnya di tanah Jawa. Namun belakangan ini, berbagai manfaat musik mulai ditemukan oleh para ahli. Salah satunya adalah merelaksasikan hidup.
            Tentu dalam benak pembaca bertanya-tanya. Bagaimana bisa sebuah musik dapat membuat hidup ini terasa tenang (relax)? Menurut hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Frances Rauscher dan koleganya dari Universitas Wisconsin, Amerika Serikat, musik tertentu dapat membuat jiwa pendengarnya merasa damai dan tenang. Bahkan bukan hanya itu, musik juga dapat mencegah kepikunan bagi orang yang lanjut usia. Irama musik yang teratur dan dinamis dapat menggetarkan sel-sel otak memori sehingga jaringan otak berkembang pesat dan daya ingat pun meningkat secara signifikan. Subhanallah.. Sungguh keajaiban yang luar biasa dari Allah SWT.
            Oleh karena itu, dari mulai sekarang mari kita manfaatkan musik sebagai alat perelaksasi kehidupan. Gunakan musik sebaik mungkin yaitu sebagai musik yang dinamis, eksotis dan amazing. Jangan sampai kita menyalahgunakan fungsi musik apalagi untuk keuntungan-keuntungan semata yang bersifat merusak moral bangsa. Karena tidak menyalahi kemungkinan, beberapa tahun kedepan musik akan menjadi kebutuhan primer setiap orang. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar